Artikel

Selayang Pandang Trafalgar Law Office

April 12, 2023
Beranda
Artikel
Selayang Pandang Trafalgar Law Office
Ngajihukum.comAsal usul nama Trafalgar dalam agama Islam ialah berasal dari bahasa Arab. Nama ini memiliki penulisan Taraf Al-Gharb yang bermakna tanjung barat.

Trafalgar merupakan sebuah nama tempat yang berada di ujung negara spanyol. Tempat ini dikenal sebagai daerah pertempuran antara angkatan laut Inggris dan Perancis yang terjadi sekitar tahun 1805 an.

Trafalgar juga merupakan salah satu tokoh paling berpengaruh dalam serial anime One Piece. Dalam serial anime One Piece namanya dikenal sebagai Trafalgar D. Water Law. Ia merupakan dokter bedah yang bisa mengobati penyakit mematikan. Ia memiliki andil besar di kehidupan Monkey D. Luffy karena dialah yang menyelamatkan Luffy dan Jinbei setelah kalah di Marineford. 
Karakter Trafalgar D. Water Law sangat populer dan dia unggul, cerdas, tangkas, namun baik hati. Dia bahkan dikenal sebagai salah satu dokter yang suka menolong namun dikenal kejam terhadap musuh. Tetapi demikian, ia adalah orang yang paling menantang pembunuhan yang tidak perlu. Dia bisa menjelma menjadi malaikat penyembuh seperti yang ia lakukan terhadap Luffy, Jinbei atau bahkan lawannya Hawkins. Sebaliknya, dia juga bisa menjadi pembunuh kejam seperti yang ia lakukan untuk menjadi Sichibukai. Dia, mengambil 100 hati bajak laut pada insiden Rocky Port. Tetapi, dia sebagai individu maupun sebagai sebuah kelompok bajak laut, mendapatkan respek dari banyak pihak baik dari lawan maupun kawan. Hal ini dikarenakan sikap integritasnya, dalam menolak segala bentuk pujian atas apa yang tidak ia lakukan (beritabaru.co).

Kemudian kata tra sendiri adalah singkatan dari teja, ray dan aan. Sedangkan kata fal merupakan singkatan dari Fusil Automatic Leger yang artinya sebuah senapan tempur, dan kata Gar yaitu Ikan. 

Arti lambang Trafalgar Law Office diambil dari nama teja dan ray yang merupakan gabungan dari huruf t dan r, diatasnya terdapat gedung atau sebuah kantor yang memiliki atap yang tajam untuk memerangi serta melawan segala bentuk ketidakadilan penguasa dan terdapat pula kedua timbangan baik disamping kanan maupun kiri sebagai simbol bahwa tidak ada perbedaan kelas, ras, suku, dan golongan yang dapat membedakan hak-hak hukum seseorang, karena pada dasarnya hak-hak setiap warga negara dimata hukum ialah sama.

Jadi, Trafalgar Law Office adalah sebuah nama kantor hukum yang didirikan oleh Teja Subakti dan Aulia Rahman Nazar. Kehadiran Trafalgar Law Office merupakan realisasi ide dan gagasan untuk mengaktualisasikan dalam upaya penegakkan hukum di Indonesia, dan memiliki filosofi sebagai ikan yang lahir dari kali kecil (cirebon) yang berenang menuju laut lepas (indonesia) serta menjelma sebagai alat tempur dalam memerangi ketidakadilan di negeri ini.

Trafalgar Law Office didirikan oleh Teja Subakti (teja), Aulia Rahman Nazar (ray), dan Siti Aan Kumaenah (aan) pada tanggal 31 Desember 2022. Namun dalam perjalanannya teja, ray dan aan telah bersama menangani beberapa kasus atau persoalan klien meski pada saat itu Trafalgar Law Office belum diresmikan secara resmi.

Ketiganya kerap kali kompak dan saling bekerjasama dalam menangani suatu kasus hingga pada akhirnya pada 31 Desember 2022 ketiganya bersepakat untuk meremikan pendirian kantor Trafalgar Law Office. Formasi kepengurusan kantor Trafalgar Law Office sendiri diisi oleh Teja Subakti selaku ketua umum, Aulia Rahman Nazar selaku sekretaris umum, dan Siti Aan Kumaenah selaku bendahara umum. 

Kemudian, Trafalgar Law Office juga diisi dengan beberapa Paralegal atau selaku Asisten Advokat diantara yaitu Sahrul Hanafi, Davit Ibrahim, Fahrudin Rozi, dan Opah Karsipah.

Saat ini kantor Trafalgar Law Office berkantor di Jalan Arya Salingsingan No. 3 Blok Pecung Kulon RT.12 RW.04 Desa Kasugengan Kidul Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon Kode Pos 45155 Jawa Barat Indonesia.

Sebelumnya, teja yang merupakan ketua umum Trafalgar Law Office telah melalui beberapa pengalaman dari kantor hukum yang pernah dijajakinya. Ia merupakan mantan ketua umum LKBH BIBIT yang menjabat pada 2019 lalu hingga 2020 yang kemudian ia juga kembali masuk dalam pengurusan LKBH Buntet Pesantren, saat itu ia menjabat sebagai sekretaris jenderal. Dan kemudian ia juga aktif di kantor hukum Qorib Magelung Sakti sejak 2018 hingga 2022 lalu.

Berdirinya kantor Trafalgar Law Office merupakan bentuk kemerdekaan bagi seorang teja setelah bertahun-tahun mengabdikan diri pada kantor-kantor hukum milik seorang guru atau seniornya. 

Kini, ia bersama ray dan aan mencoba untuk membuka jalan perjuangannya kembali agar bisa merealisasikan pengetahuan serta mengembangkan pengalamannya untuk lebih luas lagi.

Sejak berdirinya kantor Trafalgar Law Office, saat ini kantor Trafalgar Law Office memfokuskan dirinya untuk menyediakan layanan dibidang jasa hukum seperti penanganan hukum pidana, perdata, hukum keluarga, ketengakerjaan dan perusahaan, pertanahan, serta persoalan hukum lainnya yang kerap kali dibutuhkan bagi masyarakat sekitar.

Kehadiran kantor Trafalgar Law Office juga menjadi harapan bagi setiap pengurus didalamnya dan juga bagi masyarakat sekitar untuk memperjuangkan kepentingan hukum serta hak-hak masyarakat untuk memperoleh keadilan. Trafalgar Law Office juga membuka pintu selebar-lebarnya bagi masyarakat yang tidak mampu (marjinal) untuk dapat menggunakan jasanya dalam memperjuangkan hak-haknya sebagai pencari keadilan.

Dengan demikian, berdirinya kantor Trafalgar Law Office semoga bisa menjadi wakil pejuang bagi masyarakat pencari keadilan dalam memperjuangkan hak-haknya yang terampas demi terciptanya penegakan hukum sebagaimana yang diamanahkan oleh negara.